Friday, June 24, 2011

Setting Proxy pada Internet Download Manager (IDM)

Kebanyakan Kampus-Kampus di Indonesia yang memiliki akses internet publik, baik itu melalui LAN ataupun Wireless menggunakan Proxy Server. Beberapa software memang harus dilakukan setting proxy jika ingin menggunakannya pada lingkungan Universitas.

Proxy ini merupakan sebagai suatu tindakan supaya akses "publik" ini tidak dinikmati oleh "publik" dalam artian publik yang sebenarnya. "Publik" disini adalah para mahasiswa Universitas yang bersangkutan. Biasanya untuk aksesnya dibutuhkan suatu akun internet (Internet Account) seperti ITB misalnya menggunakan SQUID PROXY yang nama gaulnya adalah "Si CUMI" yang notabene berasal dari kata2 SQUID..

Artikel ini dimaksudkan untuk men-share tata cara mensetting proxy untuk software agar dapat "online" dalam proxy kampus. Pada artikel ini saya coba pada software IDM yg mayoritas byk dipakai mahasiswa sebagai "download manager", lumayanlah bisa meningkatkan kecepatan download file hingga 3 kali lipat.


Berikut penjelasannya :
  1. Jalankan IDM yang telah terinstall pada komputer anda. Bagi yang belum punya dapat download disini IDM FULL Versi 6.05
  2. Jika telah terbuka programnya seperti gambar dibawah, klik Options untuk mensetting proxynya.
  3. Setelah window options terbuka, pilih tab proxy seperti pada gambar di bawah.
  4. Aktifkan proxy dengan mencentang "use Http proxy" untuk mengaktifkan proxy pada IDM. Pada tab proxy ini terdapat tiga jenis centangan yaitu "use HTTP proxy", "use HTTPS proxy" dan "use FTP proxy". Tidak harus dicentang semuanya sih, biasanya kalau cuma buat browsing-browsing saja cukup centang "use HTTP proxy". Tetapi jika kadang2 anda browsing nyari harga tiket pesawat misalnya, coba anda amati alamat URL nya, misal "https://secure2.lionair.co.id/lionairibe/OnlineBooking.aspx". Terlihat alamatnya berada di HTTPS, maka untuk ini anda butuh mencentang "use HTTPS proxy". sedangkan "use FTP proxy" tidak disarankan untuk diaktifkan.
  5. Isikan kode proxy universitas anda pada kolom proxy, misal untuk ITB : cache.itb.ac.id, diteruskan dengan port, biasanya 8080, diteruskan dengan memasukkan username dan password. kalau ITB berarti anda memasukkan aku AI3 anda seperti pada gambar di bawah.
  6. Klik OK, dan selamat berselancar di dunia (Luna) Maya.....hehe
  7. Jika anda sudah tidak online lagi dengan proxy, misalnya anda Online dengan modem, tinggal anda matikan saja centangannya, seperti gambar berikut.
  8. Good Luck Bro en Sista.


6 comments:

Anonymous said...

great post..
GBU

myhafiezers said...

ini nih yang ane cari dari dulu

Anonymous said...

usernamenya dari mana?

Jodi Setiawan said...

gan,,kalau saya mendonwnload lewat ftp dengan modem...bisa gak setting proxy ftp nya???
terus kalo bisa gimana cara setting proxy ftp buat modem...
saya sedang download file agak besar,,jadi agak gak sabar lihat kec. nya...heheh...

Anonymous said...

nice bro

Ardi Perdana Putra said...

nice share gan

Post a Comment

komentar anda